Senin, 27 Agustus 2012

Cara mengedit foto Dengan Photoshop

Ingin tahu cara edit foto dengan photoshop? Wow....  Berbicara tentang edit foto, kita pasti teringat akan sebuah software handal untuk mengolah foto atau gambar, yaitu Adobe Photoshop. Ada photoshop CS 7.0 Cs2 Cs3 CS4 CS5.atau berapapun Aplikasi atau program photo editing ini memang sampai kini masih cukup powerfull untuk melakukan editing foto dan gambar karena di program tersebut banyak tool-tool photoshop yang memang mampu melakukan manipulasi, modifikasi, memperbaiki, dll dari sebuah foto atau gambar dengan mudah dan cepat dan hasil yang memuaskan.

Beberapa tulisan di blog may hendra ini menawarkan tentang tutorial dasar  tentang cara edit foto di photoshop bagi para pemula  yang benar-benar baru mengenal photoshop atau sedang dalam belajar photoshop dasar berbahasa Indonesia. Berikut adalah beberapa Tips dan trik cara edit photo di photoshop  full ilustrasi :
 

Cara membuat ukuran foto dengan photoshop

Cara membuat ukuran foto dengan photoshop sangatlah simpel. Ini berlaku bagi sebagian dari kita. Namun bagi sebagian yang lain hal ini masih memerlukan sebuah panduan atau trik bagaimana cara mudah, cepat, dan gampang membuat  ukuran foto di photoshop untuk dicetak atau diprint sendiri di rumah.
Kenapa postingan ini selalu memilih menggunakan program Adobe Photoshop, jawabannya adalah karena program ini sangat terkenal dan memang saat ini program ini sangat unggul dan memiliki tools yang powerful untuk urusan edit-mengedit foto.

Sebenarnya panduan cara membuat ukuran foto pada postingan kali ini hanyalah sebagian dari beberapa cara yang bisa dilakukan dengan photoshop. Cara setting berbagai macam ukuran foto yang saya pilih ini adalah cara yang saya anggap paling mudah dan paling praktis dilakukan  dan  cara inilah yang biasa saya gunakan sehari-hari. Berikut cara membuat ukuran foto dengan photoshop :


Cara Pertama : Memakai Cropping tool

  • Langkah  1  :  Buka program Adobe photoshop
  • Langkah  2  :  Buka foto yang akan kita buat ukuranya (boleh yang 2x3 cm, 3x4, 4x6, 6x9, 2r, 3r ,4r ,5r ,6r ,8r ,10r jumbo ,11r ,12r ,16r ,20r ,22r ,24r ,30r , atau berapapun). Caranya adalah pilih menu File > Open > pilih foto >  klik open lagi.
  • Langkah  3  :  Tampilkan kotak tools. Caranya pilih menu Window  >  Tools. Di kotak tools inilah cropping tools berada. 
  • Langkah  4  :  Tampilkan kotak options. Caranya pilih menu  Window > Options.  Di kotak inilah kita dapat menentukan ukuran foto sesuai dengan keinginan kita. Secara default kotak tools dan options sudah tampil terlihat. Sehingga langkah 3 dan langkah 4 dapat kita lewati saja.
  • Langkah  5  :  pilih Crop Tools dengan cara klik pada gambar Crop Tools. 
  • Langkah 6  :  Isikan angka-angka ukuran yang akan kita buat pada kotal option yang tampil sebagai baris horizontal  di bagian atas photoshop.  Isikan berapa lebar foto pada kotak width  dan berapa panjang foto pada kotak height. Lihat gambar di bawah ini. Agar tampak besar Klik-lah gambar. 
  • Langkah 7  :  Pilih satuan yang akan kita pakai dengan cara klik kanan pada kotak tadi. Pilihan yang ada yaitu :inches, cm, mm,  points, picas, colums.  Kita dapat membuat ukuran foto di photoshop sesuai dengan keingingn kita, dapat  2x3 cm, 3x4 cm, 4x6 cm, 6x9cm, 2R, 3R, 4Rm 5R, 6R, 10R, 11 R, 12R, 16R, 20R, 24 R, yang merupakan ukuran standar foto.Panduan macam-macam ukuran foto dapat di baca di sini.
  • Langkah  8 : Klik pada bagian (salah satu) pojok foto yang akan kita buat ukurannya, kemudian drag (tekan sambil ditarik) ke bagian pojok yang lain. Seberapa jauh kita men-drag adalah sesuai dengan keiniginan kita yaitu seberapa bagian foto  yang akan kita pilih atau kita potong.
  • Langkah 9 : Klik kanan pada foto dan pilih pilihan "crop" untuk mengeksekusi cropping (Langkah cepat adalah langsung tekan Enter), atau pilih Cancel untuk batal.
Cara crop foto di photoshop secara lengkap Klik di SINI


Cara kedua :  Memakai setting Image Size

Cara membuat foto hitam putih di photoshop

  • Langkah 1. Buka Adob photoshop
  • Langkah 2. Buka foto yang akan kita buat ukurannya. 
  • Langkah 3. Setting Image Size caranya pilih menu Image > Size atau dengan cara cepat/jalan pintas/shortcut menu ( Tekan Alt + Ctrl + I ).Akan terbuka kotak Image Size seperti di bawah ini : 
 
  • Pada kotak ini kita dapat membuat ukuran foto sesuai dengan keinginan. Ukuran yang dapat disetting adalah :
  1. Dimensi pixel meliputi width (lebar) dan height (panjang) kemudian satuan dapat dipilih pixel dan percent.
  2. Ukuran dokumen meliputi width (lebar) dan height (panjang), satuan dapat dipilih sesuai keinginan yaitu : percent, inches, cm, mm,  points, picas, colums. Pilihan isian untuk ukuran dokumen adalah resolusi. Ini berhubungan dengan kualitas cetakan.  Semakin tinggi angka resolusi semakin baik kualitasnya. Biasanya dipilih angka 300 pixels/inchi sudah cukup.
  3. Pilihan skala meliputi : Scale styles, Constrains Proportions, dan Resample Image. Apabila kita pilih Constrain Proportions dengan cara mencontrengnya, maka setiap kali kita mengubah panjang foto, maka lebar foto juga berubah sebanding dengan lebarnya, demikian juga sebaliknya. Bila Resampling Image kita pilih maka setiap kali kita mengubah panjang atau lebar foto,  berakibat dimensi pixel juga berubah demikian sebaiknya. Selanjutnya silakan mengembangkan pilihan-pilihan yang lain sesuai dengan  keinginan.
  4. Pilihan kotak  Resample Image meliputi : Nearest Neighbor, Bilinear, Bicubic, Bicubic Smoother, Bicubic Sharper. Ini semua berhubungan dengan kualitas foto.

Cara Ketiga : Memakai New File

  • Langkah 1. Buka program adobe photoshop kita.
  • Langkah 2. Buka file baru caranya pilih menu File > New
  • Langkah 3. Isilah kotak isian yang tersedia sesuai dengan keinginan yaitu lakukan seperti pada cara-cara sebelumya. Bila sudah terisi lalu klik Ok.
  • Langkah 4. Buka foto yang akan kita buat ukurannya. Caranya dengan memilih menu File > Open.
  • Langkah 5. Pindahkan foto tadi ke file baru dengan memakai Move Tools. Caranya klik Move Tools kemudian Klik foto yang telah kita buka,  kemudian Drag and Drop ( Seret dan lepaskan ) ke dalam file baru yang telah kita set ukurannya pada langkah 3.
  • Langkah 6. Pilih "Fullscreen Mode with Menu Bar"yang terletak pada kotak tools.. Ini dilakukan untuk mendeteksi Transform Controls agar mudah terlihat. Transform control ini berfungsi untuk mengatur besar kecilnya foto yang akan kita cetak. Transform Control dapat terlihat dengan syarat klik Move Tools, dan Contrenglah Show Transform control.
  • Langkah 7. Atur besar kecilnya foto sesuai keinginan. Caranya tekan Shift + Ctrl bersama-sama kemudian drag/seret titik pojok pada Transform controls yang ada, kedalam atau keluar sesuai keinginan. Kemudian tekan Enter.
  • Langkah 8. Crop foto tersebut secara penuh yaitu dengan klik Crop Tools, dan pada options kita pilih Front image. Caranya Drag pada pojok terluar dari kotak foto (Document) ke pofok terluar yang lain. Kemudian tekan Enter.
  •  Jadi.
Salah satu perbedaan dari ketiga cara di atas adalah pada cara ke dua, foto yang dihasilkan adalah tampak utuh secara keseluruhan. Yang berubah hanya ukurannya saja. Sedangkan cara pertama dan ketiga foto yang nampak adalah sesuai dengan keinginan, artinya bisa dipotong sesuai kehendak kita. Langkah-langkah di atas bisa dipakai untuk panduan cara membuat pas foto di photoshop. 
 
 Cara membuat foto hitam putih di photoshop
Paling tidak ada 7 cara untuk mengubah atau mengedit foto berwarna menjadi hitam putih. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri. Tulisan ini membahas 7 cara membuat foto hitam putih di photoshop . Semoga mudah dipahami bagi shobat yang baru belajar adobe photoshop cs. Bagi para master tolong dikoreksi apabila ada kekurangan dan kesalahan.

Saya ambil contoh sebuah pas foto berwarna ukuran 4x6 cm yang sudah saya pakai pada beberapa artikel yang lalu. Foto ini mempunyai background warna merah dan akan kita ubah menjadi sebuah pas foto hitam putih dengan photoshop.

Cara pertama
Ini adalah cara yang paling singkat dan paling cepat  untuk mengubah foto warna menjadi black and white. Cara membuat foto hitam putih di photoshop paling simple sebagai berikut:
  1. Buka photoshop
  2. Buka foto warna : Klik File > Open
  3. Pilih salah satu :  
  • Tekan Control + Shift + U.
  • Tekan Alt > I > A >  D
  • Klik  Image > Adjustment > Desaturation    
Cara kedua
  1.  Buka photoshop
  2.  Buka foto : Klik File > Open
  3.  Klik Image > Adjustment > Hue/Saturation  atau Tekan Control + U atau Tekan Alt  > I > A > H
  4. Atur  Saturation menjadi minimum dengan cara menggeser  Slider paling tengah ke kiri secara maksimal ( Panah Biru pada gambar)
  5. Cara lainnya dengan mengisi kotak isian Saturation menjadi -100 (Panah Hijau)
  6. Klik Oke.

Cara ketiga
  1. Buka photoshop
  2. Buka foto berwarna : klik File > Open > pilih foto
  3. Klik Image > Mode > Gray Scale > klik Oke pada kotak dialog seperti di bawah ini.
Ketiga cara di atas adalah langkah untuk merubah foto warna menjadi hitam putih atau Black and White (BW). Bila tingkat gelap terang foto belum pas maka perlu kita lakukan sentuhan akhir untuk mendapatkan gelap terang yang diinginkan. Berikut  langkah-langkahnya :

A. Memakai brightness/Contras
  • Caranya tekan Alt > I > A > C  atau klik Image > Adjutment > Brightness/Contras.
  • Lakukan pengatutan gelap terang dengan menggeser slider sesuai ke kanan dan kekiri sesuai kondisi foto anda.
  • Klik Oke

B. Memakai Curves
  • Tekan Alt > I > V atau tekan Control + M atau klik Image > Adjustment > Curves
  • Drag Curves kekanan kiri atas atau bawah sesuai dengan kondisi foto kita. Lihat anak panah warna biru pada gambar yang saya sertakan.
  • Dapat juga dengan mengisi isian pada Output dan Input Ini sebenarnya tidak penting abaikan saja... Kecuali untuk mengedit foto-foto atau gambar yang sama komposisi warnanya sehinga bisa dipakai untuk settingan default.
  • Klik Oke.
C. Memakai Level
  • Tekan Alt > I > A > L atau tekan Control + L atau klik Image > Adjustment > Level
  • Geser slider yang ada ke kanan dan ke kiri (panah biru) 
  • Atau isilah angka pada kotak isian seperti yang dittunjuk oleh anak panah (merah, kuning, hijau) pada gambar di bawah ini. Sama abaikan saja ini...
  • Klik Oke.

Menurut saya cara mengatur gelap terang pada foto di atas yang paling baik adalah dengan Level. Dengan level kita bisa lebih leluasa mengatur gelap terang foto sehingga menghasilkan foto yang kaya nada, baik hitam, abu-abu,maupun warna putih.

Contohnya kita bisa mengatur tingkat gelap terang background pas foto di atas tanpa banyak mempengaruhi tingkat gelap terang pada muka misalnya. Hal ini akan mudah dilakukan hanya dengan banyak latihan. Namun ada yang lebih variatif lagi simak berikut :

Cara Keempat
Cara ini banyak dipakai oleh para master,  karena cara mencetak foto hitam putih  di photoshop yang ke empat ini adalah cara yang paling menghasilkan foto hitam putih yang lebih variatif dalam hal  warna black and whitenya.  Nada warna hitam abu-abu atau kelabu dan warna putih lebih banyak kemungkinannya bisa diperoleh. Artinya banyak keinginan kita yang bisa diwujudkan.  Lihat contoh di bawah.
  1. Buka Photoshop
  2. Buka foto yang akan kita ubah menjadi hitam putih : Klik File > Open
  3. Klik Image > Adjustment > Chanel Mixer > Centang/ Contreng/Chek isian Monochrome di kiri bawah pada kotak dialog Chanel Mixer. Lihat anak panah pada gambar di bawah ini.
Secara default Channel red (merah)  tersetting 100%, Green 0% dan Blue 0%. Terlihat pas foto di atas latar belakangnya terlalu putih. Ini karena background foto original aslinya adalah merah. Sehingga bila foto asli kita mempunyai rambut warna merah dengan setting red channel 100%, rambut akan menjadi putih. Jadi ini sangat tergantung sekali dari susunan komposisi warna pada foto yang akan diubah menjadi hitam putih.

Agar background foto lebih gelap maka setting channel merah perlu diturunkan dengan menggeser slider ke kiri sampai batas keinginan kita.  Pada contoh ini Red channel saya atur menjadi +43%, Green +64%, Blue 0%, Contras 0%. Klik gambar agar tampak besar dan jelas. Sehingga hasilnya sbb:



Untuk mengubah foto sehingga background pas foto menjadi gelap lagi  namun sebaliknya rambut menjadi lebih terang dan mempunyai detail tekstur sehingga helaian rambut kelihatan lebih jelas  maka pada contoh ini  setingan Channel Mixernya kita ubah menjadi : Red = 0%, Green = 50%  Blue = 43%, Contras = +14%. Hasilnya terlihat pada gambar di bawah ini.


Cara praktisnya begini, misalnya kita ingin mengatur tingkat warna hitam putih pada warna dasi, maka lihat dulu warna dasi pada foto mula-mula. Bila warna dasi sebelumnya adalah merah maka pengaturan tingkat nada warna hitam putih di atur dengan red channel atau channel merah. Demikian untuk yang lainnya.

Tips dan trik membuat foto hitam putih dengan cara ini sebagai pemula yang baru belajar photoshop memang sedikit agak sulit menurut saya, namun bila sering latihan dengan tekun akan diperoleh hasil yang lebih sesuai dengan selera kita.

Cara Kelima :
Untuk membikin foto hitam putih dengan photoshop dapat dilakukan dengan memakai Channel yang pada aplikasi pengolah foto Adobe  Photoshop dapat dilakukan sebagai berikut :
  1. Buka foto
  2. Klik Window > Channel
  3. Klik salah satu Cannel di bawah ini : (Ini hanya tabel penghias bukan tampilan di photoshop maaf)

Klik Window > Channel > Klik di bawah ini
Langkah singkat 
Merah Red Channel Ctrl + 1 
Hijau Green Channel Ctrl + 2
Biru Blue Channel Ctrl + 3
Cara ini sebenarnya tidak mengubah file foto yang ada sehingga  langkah ini tidak tercatat pada Hystory (Window > Hystory). Jadi apabila inigin mengembalikan menjadi foto berwarna pada langkah sebelumnya tidak dapat dilakukan dengan Undo (Ctrl + Z). Namun caranya dengan klik RGB Channel atau tekan Ctrl + ~

Cara membatalkan langkah Langkah singkat 
Klik -----> Klik RGB Channel Ctrl + ~

Cara ke enam
  1. Buka foto
  2. Klik Image > Mode > Lab Color atau tekan Alt > I > M > L atau Control + B
  3. Klik Window > Channel
  4. Tekan Control + 1
Cara Ketujuh
Dengan download software yang berbayar atau gratis yang banyak beredar. Biasanya merupakan plug-in yang harus diinstall dahulu pada photoshop.
 
 

Cara mengganti warna background foto dengan photoshop

Lagi-lagi cukup panjang sekali judulnya. Kontennya juga panjang. Itulah yang akan saya 'share' pada postingan kali ini. Kenapa kita perlu mengganti warna background photo di program  Adobe photoshop CS ?

Alasannya tergantung kita, mungkin untuk kepentingan estetika biar lebih sesuai dengan selera, atau untuk memenuhi persyaratan administrasi tertentu misalnya dalam pembuatan foto KTP yang mengharuskan warna latar merah atau biru. Demikian juga untuk foto SKCK yang mengharuskan warna  merah.

Bagaimana cara mengubah atau mengedit warna  latar belakang foto biru menjadi merah dengan program Adobe Photoshop? Mari simak tulisan ini :
Langkah MUDAHNYA :
  1. Buka file foto/gambar
  2. Klik Set Foreground color
  3. Pilih warna baru
  4. Klik Brush Tool
  5. Sapukan pada background foto
  6. Agar lebih detail  perbesarlah gambar dengan Zoom (tekan  Ctrl + Alt + Scroll mouse);
  7. Jadi.
SINGKATNYA
  1. Buka foto : klik File > Open
  2. Seleksi background foto yang akan diganti : klik kanan Lasso Tool (L) > Poligon Lasso Tool > Klik seluruh    batas tepi     background  foto.
  3. Pilih warna baru yang diinginkan : klik Set Foreground color > klik warna yang kita inginkan.
  4. Klik Paint Bucket Tool (G). >> Pada option (atas) pilih Foreground, Mode : Normal, Opacity : 100 %, Tolerance : 255  
  5. Klik latar belakang foto/gambar
  6. Tekan ctrl + D  untuk menghilangkan area seleksi.
  7. Jadi 
LENGKAPNYA :

A. Buka foto .
Kali ini saya mengambil contoh sebuah pas foto berukuran 3x4 cm dengan warna background foto biru. Anda dapat memilih file foto yang mana kita akan mengubah warnanya sesuai dengan keinginan. Caranya  Klik File > Open > klik file foto yang akan kita edit > klik open
B. Seleksi bagian foto yang akan kita ubah warnanya .
Seleksi berguna untuk membatasi area kerja kita. Caranya yaitu menggunakan Lasso Tool (L) atau Pen Tool atau dengan Magic  Wand Tool . Dengan memakai Lasso Tool hasil seleksi terlihat kasar terutama  pada bagian sudut area seleksi. Sehingga hanya cocok dipakai untuk edit foto berukuran kecil. Kenapa, karena secara kasat mata tingkat kekasaran hasil seleksi dengan Lasso Tool tidak begitu nampak. Lain halnya bila akan mengedit foto/gambar berukuran besar lebih cocok memakai Pen Tool.  Magic Wand Tool  lebih cocok digunakan untuk foto  dengan backoground yang batas dengan sekelilingnya  sangat  nyata dan jelas. Klik gambar dibawah agar lebih besar dan jelas.

C. Cara seleksi
Saya ambil contoh cara seleksi background photo menggunakan Poligon Lasso Tool karena ukurannya termasuk kecil. Caranya klik kanan Lasso Tool > pilih Poligon Lasso Tool > Klik pada batas tepi terluar dari latar belakang foto > geser cursor yang berbentuk Poligon Lasso Tool ke sebelahnya sehingga benang pembatas seleksi tepat di batas tepi latar lalu klik >  lakukan terus ke seluruh batas tepi background hingga kembali ke klik pertama. (lihat gambar di atas) Bila salah posisi klik kita dapat membatalkan dengan klik Del. Untuk hasil lebih detail dan rinci perbesar saja dengan  Zoom  caranya klik Control dan + (plus) bersama-sama. Silahkan klik gambar di atas untuk memperbesar !


D. Langkah selanjutnya
Pilih salah satu cara mengganti background foto dengan Photoshop di bawah ini  :

MEMAKAI PAINT BUCKET TOOL
  1. Mengeset  warna : klik Set Foreground Color  > klik warna pada Kotak Color Picker sesuai warna yang kita inginkan. Cara lain : Klik Eyedropper Tool  > klik warna pada sembarang file foto yang telah terbuka sesuai warna yamg kita inginkan.  Cara lain lagi  langsung klik warna pada palet Swatches. Untuk menampilkan Palet Swatches : klik menu Window > Swatches.  Pada contoh ini saya pilih warna merah. Anda dapat memilih warna sesuai keinginan, merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu. bahkan hitam atau putih pun bisa.
  2. Klik Pain Bucket Tool > pada option pilih Foreground Color sebagai source for fiil area ; pilih Mode = Nomal ; opacity diisi 100% ; Tolerance diisi maksimun 255 agar sempurna pewarnaannya. (Selanjutnya pilihan option dapat anda kembangkan sendiri sesuai kebutuhan).
  3. Klik background foto/gambar dengan Paint Bucket Tool tadi.
  4. Tekan ctrl + D  untuk menghilangkan area seleksi.
  5. Jadi

MEMAKAI BRUSH TOOL
  1. Mengeset  warna :  Caranya sama dengan cara sebelumnya.
  2. B. Klik Brush Tool > pada option klik  Brush Preset  Picker > atur ukuran brush dengan mengatur slider pada master diameter dan hardness sesuai kebutuhan. Langkah singkatnya (Shortcutnya : tekan  [  untuk mengecilkan ukuran Brush : tekan ] untuk memperbesar ukuran Brush : tekan Shift + [ untuk mengurangi ketajaman brush ; tekan Shift + ] untuk menambah ketajaman brush  : pilih mode = normal ; Opacity = 100 % ; Flow = 100 . 
  3. Sapukan dengan Brush Tool tadi pada area seleksi dalam hal ini background foto.
  4. Tekan ctrl + D  untuk menghilangkan area seleksi.
  5. Jadi


MEMAKAI TOMBOL DELETE
  1. Mengeset warna . Berbeda dengan cara-cara sebelumnya (yakni lewat foreground color),  pada cara ini pemilihan warna adalah melalui klik Set Background Color > pilih warna yang diinginkan sama seperti cara-cara sebelumnya. Yaitu : klik warna pada Kotak Color Picker sesuai warna yang kita inginkan. Cara lain : Klik Eyedropper Tool  > klik warna pada sembarang file foto yang telah terbuka sesuai warna yamg kita inginkan.  Cara lain lagi  langsung klik warna pada palet Swatches. Untuk menampilkan Palet Swatches : klik menu Window > Swatches.  Pada contoh ini saya pilih warna merah.
  2. Klik tombol Del pada keyboard.
  3. Tekan ctrl + D  untuk menghilangkan area seleksi.
  4. Jadi.
MEMAKAI ERASER TOOL ( E )
  1. Mengeset warna. Caranya : sama dengan cara sebelumnya yaitu lewat Set Background Color.
  2. Klik Eraser Tool > pada option klik  Brush Preset  Picker > atur ukuran brush dengan mengatur slider pada master diameter dan hardness sesuai kebutuhan. Langkah singkatnya (Shortcutnya : tekan  [  untuk mengecilkan ukuran Brush : tekan ] untuk memperbesar ukuran Brush : tekan Shift + [ untuk mengurangi ketajaman brush ; tekan Shift + ] untuk menambah ketajaman brush  : pilih mode =  biarkan apa adanya atau pilij sembarang :  Opacity = 100 % ; Flow = 100 %.
  3. Sapukan pada area seleksi dalam hal ini background foto yang berwarna biru..
  4. Tekan ctrl + D  untuk menghilangkan area seleksi.
  5. Jadi
CARA LAIN
Cara lain masih banyak, silakan meng'explore' sendiri untuk mengganti/mengubah warna background foto di photoshop. Berbagai cara untuk mengubah warna latar belakang gambar foto di atas menghasilkan warna yang benar-benar baru seperti layaknya lapisan cat baru sebingga tekstur asli dari background foto hilang tertutup cat baru. Bila tekstur lama ingin dipertahankan kita dapat melakukannya dengan memakai Color Replacement Tool. Caranya Klik di => Cara membuat foto hitan putih menjadi berwarna.


Cara mengganti background foto | PHOTOSHOP

Cara mengganti background foto di photoshop
Paling tidak ada dua alasan mengapa kita perlu mengubah/merubah background atau latar belakang dari sebuah foto. Pertama karena kurang menarik dari segi keindahannya, kedua karena aspek legal formal yaitu untuk memenuhi persyaratan tertentu. Misalnya pada pembuatan foto KTP yang mengharuskan background berwarna merah atau biru, foto SKCK yang mensyaratkan background photo berwarna merah. Inilah cara mengganti background foto dengan photoshop.
Teknik dasar cara mengganti background foto
Pada prinsipnya ada 2  cara dalam mengubah atau merubah latar photo dengan menggunakan Adobe Photoshop. Ini adalah yang biasa saya lakukan sehari-hari  sedangkan sistematika atau pengelompokan yang benar menurut  science  teoritis formal / ilmu dasar tutorial Adobe Photoshop asli mungkin saja berbeda. Silahkan kalau mau menambahkan atau mengoreksi.....yuk baca terus tutorial cara mengganti background foto dengan photoshop
A. Dengan Teknik menghapus background. 
Prinsipnya adalah kita menyeleksi seluruh background foto yang akan kita ganti kemudian kita hapus dengan Erase tool (E) atau dengan tombol delete pada keyboard. Lalu latar photo kita ganti dengan background yang baru. Lihat kembali postingan saya tentang cara mengganti warna background foto. Klik Di SINI.
B. Dengan Teknik Extraksi obyek.
Caranya seleksi seluruh object atau model foto (area selain backgound) lalu pindahkan dengan  cara copy-paste atau dengan drop and drag menggunakan  Move Tool (V) ke foto yang akan dijadikan background baru. Selengkapnya sebagai berikut :
Langkah 1. Membuka foto
Buka foto yang akan kita edit dalam hal ini yang akan kita ganti latar belakangnya. Kali ini saya mengambil contoh sebuah foto berukuran 4r yaitu foto seorang penari.  Caranya : klik File > Open > pilih foto.

Langkah 2. Seleksi model foto
Seleksi  seluruh obyek atau model foto dengan menggunakan Lasso Tool (L), Magic Wand Tool (W}, atau Pen Tool (T) sesuai dengan kondisi foto. Dasar pemilihan tool ini telah disinggung pada tulisan saya  dengan tema Cara mengubah warna latar  belakang foto. Klik di SINI. Misalnya Klik kanan Lasso Tool (L) > Klik seluruh batas tepi model foto dan background foto. Hasilnya tampak seperti gambar di bawah ini. (Klik saja photo yang berada di bawah ini agar area seleksi yang berupa garis putus-putus tampak besar dan jelas).



Langkah 3. Memilih bacground foto
Setelah obyek foto yaitu seorang anak penari di atas terseleksi maka ada beberapa pilihan untuk mengedit  dalam hal ini mengganti background foto. Berikut ini beberapa diantaranya :
  • a. Mengganti background dengan warna tertentu  Cara lengkapnya klik di SINI.
  • b. Mengganti background foto dengan/menjadi pemandangan, wallpaper, gradasi, gedung, dan sebagainya.
Langkah 4. Membuka background foto
Ini adalah lanjutan dari langkah 3b.  Kita ambil contoh langkah mengganti background foto dengan pemandangan. Kita bisa memilih sebuah foto pemandangan dengan orientasi  mendatar/horizontal/lanscape ataupun vertikal/portrait . Kali ini saya ambil contoh  sebuah pemandangan dengan orientasi mendatar.
  • Klik File > Open > klik foto pemandangan yang dipilih. Dianjurkan ukurannya sama  atau hampir sama dengan foto pertama yang akan diganti latar belakangnya. Cara membuat ukuran foto klik di SINI. 
 
  • Bila memakai Photoshop CS3 dan sebelumnya maka foto obyek dan pemandangan dua-duanya langsung terbuka. Mulai CS4 yang nampak adalah hanya foto yang terakhir kita buka. Dalam hal ini adalah foto pemandangan. Agar dua-duanya terbuka maka lakukan Klik Arange Documents > pilih Float All in Windows
Langkah 5. Memindahkan model foto ke background foto Pindahkan  model foto pada langkah 2  ke dalam foto pemandangan pada langkah 4. Ada dua pilihan pada langkah 5 ini. Kita bisa memilih salah satu diantaranya.
  • Cara pertama : aktifkan Move Tool (V) dengan Klik Window > Centang Tool  > Klik Move Tool > klik model foto > drag  and drop ke  file background  sesuai dengan arah anak panah di bawah ini.
  • Cara kedua : aktifkan  file foto  penari sebagai model dengan cara mengeklik fotonya > Tekan Ctrl A > klik Edit > Copy atau tekan Control + C > Aktifkan foto pemandangan dengan cara mengekliknya > Klik Edit > Paste.. Hasilnya akan nampak seperti ilustrasi di bawah ini.
Nampak pada gambar di atas foto penari terlalu besar pada foto baru. Ini relatif tergantung selera dan keinginan kita.  Mungkin saja ini terjadi sebaliknya tergantung perbandingan ukuran foto model dengan foto pemandangan yang kita pakai. Inilah mengapa dianjurkan kedua foto mempunyai ukuran yang sama atau hampir sama.

 Langkah 6. Mengatur ukuran model foto
  • Klik Transform Control yang mengelilingi model foto.Catatan : Bila Transform Control tidak nampak/tidak terlihat maka klik DI SINI.
  • Shift+Alt+Drag (Seret atau tarik) salah satu pojok Transform Control ke dalam untuk memperkecil, ke luar untuk memperbesar ukuran model foto. Pada contoh gambar di atas ukuran gambar model ditarik ke dalam sesuai anak panah biru sehingga ukurannya menjadi lebih kecil sesuai selera dan keinginan.
  • Klik Oke atau klik tanda centang pada option bar di atas kanan Adobe Photoshop.
Langkah 7. Mengatur Orientasi  foto  Langkah ini pasti kita lakukan maka simak terus tutorial cara mengganti background foto dengan photoshop ini.
  • Klik Transform Control yang mengelilingi model foto.
  • Arahkan kursor disekitar Transform Control sehingga bentuk kursor menjadi garis lengkung dengan dua anak panah pada kedua ujungnya. 
  • Drag ke arah atas, bawah, kiri, atau kanan, sesuai kenginan atau selera. Pada gambar di atas ditunjukkan dengan anak panah warna merah.
  • Klik Oke atau Klik tanda Chek / centang pada Option Bar di kanan atas. Hasilnya seperti gambar di bawah.
Langkah 8. Flatten Image
Caranya : Klik Layer > Flatten Image. Langkah ini adalah untuk menyatukan seluruh layer menjadi satu sehingga terkunci dan tidak bisa di edit lagi. Siap untuk di cetak.
EXTRA : Membuat Background gradasi
Setelah mengetahui tutorial dasar cara mengganti background foto di photoshop atau teknik cara mengganti latar belakang foto kita dapat juga berkreasi secara luas. Contoh hasil  lainnya dari tutorial  Adobe photoshop cs ini adalah  membikin background foto menjadi warna gradasi...... Singkatnya : sebelum langkah 8, aktifkan background foto > Copy background foto > jadikan Layer Style menjadi gradasi. Lengkapnya  :  Klik saja di => SINI
BONUS : Cara membuat Background foto dengan langit ( Cloud ) abstrak
 Cara singkatnya : Tanpa download software gratis .......
Langkah 7 sebelum Oke, aktifkan Move Tool > atifkan backgroun layer > Filter > Render > Cloud > Copy background > Merges Layer background dan background  copy > atur warna dengan Hue Saturation dan Color balance sesuai selera......  Tanpa
Lengkapnya :
Program anda ke depan untuk belajar lebih lanjut ....
 

Cara membuat kotak di Photoshop

Postingan kali ini membahas tentang belajar tutorial teknik dasar yang cepat dan mudah, cara membuat kotak di Photoshop. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan yaitu dengan menggunakan Marque Tool (M), Lasso Tool (L), dan dengan menggunakan Rectangle Tool (U). Di mana letak Tool nya? Bagaimana cara membuat atau membikin kotak dengan Adobe Photoshop Cs?

Singkatnya :
  1. Open >> New
  2. Klik kanan Marquee Tool >> Rectangular Marque Tool >> Drag and lepas
  3. Klik Paint Bucket Tool >> Klik Set Foreground Color >>pilih warna
  4. Klik di area seleksi
  5. Ctrl + D  
  6. Jadi
Lenngkapnya :

A. Cara Pertama : Membuat kotak dengan memakai Marque Tool
  1. Buka Photoshop.
  2. Buka Bakcground sebagai latar belakang dari kotak yang akan kita buat. Kita ambil contoh background berukuran A4 yang berwarna putih. Klik Open > New > Klik segitiga hitam pada kotak dialog preset > Pilih A4. Kalu tidak ada ukuran A4 pilih Custom >> isikan panjang dan lebar ukuran A4. Lirik ukuran A4 di SINI.
  3. Pada Background Content pilih White.
  4. Buat layer baru yang akan  kita pakai untuk membuat kotak di photoshop ini. Kenapa kotak yang akan kita buat harus menggunakan layer tersendiri? Ya alasannya agar kotak yang kita buat bisa kita modifikasi dengan bebas baik warnanya, bentuknya, ukurannya, dll., tanpa mempengaruhi bakground yang kita pakai
Caranya :
Klik Layer > New > Layer > Beri nama : misalnya Kotak biru
Cara  lain :
Klik Create New Layer pada Pallet Layer. Secara default, pallet layer pada Photoshopini sudah ada. Kalu belum ada munculkan dengan Klik > Window >Centang Layer.  Bila hilang agar muncul kembali  baca tulisan saya Di SINI.
Ikuti langkah selanjutnya : >>>

a. Cara membuat kotak dengan ukuran tertentu
Di Photoshop kita bisa membuat atau membikin kotak dengan ukuan panjang dan lebar sesuai dengan selera atau kebutuhan kita dapat berupa kubus, maupun bujur sangkar. Caranya : Misalnya kita akan membuat kotak bujur sangkar dengan panjang 15cm dan lebarnya 10 cm yang berwarnya biru.
  1. Tampilkan kotak Tool atau Tool Box. Secara default di photoshop CS1 CS2 CS3 Cs4 Cs5 sudah ada. Bila belum ada Klik Window > centang pada Tools. Bila hilang untuk memunculkannya kembali  baca di SINI  atau di SINI.
  2. Klik kanan Marque Tool  > Pilih Rectangular Marquee Tool (M). Fungsinya adalah untuk menyeleksi atau membatasi area kerja yang berbentuk kotak.                                                                  
  3. Pada Option bar yaitu kotak memanjang yang berada si sebelah atas di photoshop, cari Style >> pilih Fixed Size >> isi Widht ( lebar ) dengan 10 cm dan Height ( panjang/tinggi) 15 cm.   Sebelum mengisi angka tentukan dahulu satuan yang kita pilih  caranya klik kanan pada kotak isian sehingga muncul pilihan pixels, inchi, mm, cm, point, picas, percent. Pilih satuan cm.                                                     
  4. Arahkan kursor atau pointer mouse kita ke bakcground, lalu klik . Nah, akan terlihat sebuah seleksi yang berbentuk kotak dengan lebar 10cm dan panjang atau tinggi 15cm.   Klik gambar agar area seleksi tampak lebih jelas.                                                                                         
  5. Untuk mengubah atau memindah layout atau posisi calon kotak yang berupa area seleksi, lakukan saja drag atau klik di dalamnya lalu seret atau arahkan ke mana kita suka lalu drop atau lepaskan. Lihat gambar di atas sebelah kanan. Untuk memindah posisi dapat juga dilakukan setelah pewarnaan kotak.
  6. Warnai kotak dengan biru RGB (#0000ff) sesuai dengan rencana pada contoh ini. Cara mewarnai bisa dengan Paint Bucket Tool, atau bisa juga dengan Brush Tool atau dengan Fill atau cara lainnya. Lihat Sub Judul d pada tulisan ini di bawah. Hasilnya terlihat pada gambar di bawah  Setelah di warnai ikuti langkah 7.
  7. Hilangkan area selekdi : Tekan Ctrl + D atau Klik menu Select >> Deselect.
  8. Jadilah sebuah kotak dengan ukuran 10 x 15 cm dengan warna biru diatas background berwarna putih..
b. Cara membuat Kotak dengan Proporsi tertentu.
Dengan photoshop kita dapat membuat kotak  dengan proporsi  atau perbandingan antara panjang dan lebar sesuai dengan kehendak atau keinginan kita.
  1. Ikuti langkah 1 dan 2  pada sub judul a di a
  2. Klik Style pada Option Bar >> pilih Fixed Aspec Ratio > Isi Widht dan length sesuai kebutuhan. Kita contohkan untuk membuat kubus yang merupakan sebuah kotak dengan proporsi panjang dan lebar sama, maka kita isi panjang dan lebarnya kita isi angka yang sama misalnya 1 semua (panah kuning pada gambar) atau 2 semua dll. Kita bisa membuat kotak yang lain dengan proporsi yang sesuai dengan keperluan kita.
  3. Klik di area Background lalu drag and drop yaitu Klik di atas background kemudian seret secara diagonal sesuai selera lalu lepaskan. Tergantung seberapa besar ukuran kotak yang akan kita buat.
  4. Selanjutnya = langkah 5, 6, dan 7, pada sub judul a.

Cara ini mengabaikan berapa cm panjang dan lebar kotak yang akan kita buat. Ukuran atau besarnya kotak yang akan kita buat bisa langsung kita lihat pada area seleksi yang terbentuk. Langsung praktek saja yah.....

c. Cara membuat kotak dengan ukuran dan proporsi bebas  
Pada cara ini kita bisa membuat kotak dengan  panjang dan lebar  yang ukuran dan proporsinya bebas tidak kita tentukan, sehingga seberapa ukuran dan proporsinya langsung terlihat saat kita melakukan drag dan drop.. Jelasnya langsung saja praktek...... dan temukan efeknya..........
  1. Ikuti langkah 1 dan 2 pada sub judul a
  2. Klik Style pada Option Bar >> pilih Normal (Panah biru). Otomatis kotak dialog panjang dan lebar tidak bisa di setting (panah kuning).
  3. = langkah 3 dan 4 pada sub judul b di atas.
d. Cara mewarnai Kotak
Langkah pertama setting dulu warna yang akan kita pilih : Klik Set Foreground Color lalu >> pilih warna biru sesuai dengan rencara. Kita ambil contoh warna biru Rgb (#0000ff). Kita juga dapat membuat kotak berwarna merah jingga kuning hijau biru nila ungu, coklat abu-abu hitam putih atau apalah.... lalu pilih salah satu di bawah ini
  1. Dengan Paint Bucket Tool (G) : Klik Paint Buket Tool (G) >> Klik pada area seleksi
  2. Dengan Brush Tool (B) : Klik Brush Tool (B) >> Sapukan pointer atau kursor pada area seleksi.
  3. Dengan menu Fill : Klik menu Edit >> Fill >> pada kotak dialog klik Ok.
  4. Dan lain-lain
e. Cara mengedit/memodifikasi Kotak :
Kita bisa memodifikasi kotak yang telah kita buat meli[uti layout, orientasi  bentuk, warna, ketebalann/transparasi, modenya dll... Untuk mengganti warnanya dilakukan dengan cara pada sub judul d di atas. Untuk mengubah bentuk dan ukurannya Klik Move Tool (V) >> Tekan Ctrl + T >> Klik kanan >> pilih pilihan yang ada ... selanjutnya Experiment sendiri......

B. Membuat kotak dengan Lasso Tool........
 Dengan Lasso Tool ini kita bisa membuat kotak dengan sisi-sisi yang tidak simetris, misalnya bentuk prisma,trapesium dll....... Teknik dasarnya sama persis....... Experiment sendiri saja....

C. Membuat kotak dengan Rectangle Tool .......
 (Explore sendiri saja ya ........selamat mencoba...

Cara membuat bingkai di photoshop

Cara membuat bingkai  di photoshop;
Keindahan sebuah foto ditentukan oleh beberapa hal, salah satunya adalah bingkai foto. Di photoshop  aksesoris yang disebut juga dengan frame atau border atau garis tepi ini dapat ditambahkan ke dalam sebuah foto sehingga dapat menambah nilai estetika atau keindahannya sehingga menjadi photo indah atau gambar keren. Bagaimana cara membuat bingkai di photoshop? Inilah postingan saya kali ini.
Apa perlu Download software cara membuat bingkai  free gratis ? Tidak perlu. Mari baca seterusnya !
Ya..Sebenarnya banyak  sekali sotware yang bisa di download secara  free alias gratis yang berupa plug-in untuk membikin / membuat  bingkai atau frame foto. Setelah  kita install ke aplikasi atau program Adobe photoshop kita tinggal menggunakannya dengan  cara yang super mudah, cepat, kilat dan sangat simpel bin sederhana  untuk membuat bingkai atau border sebuah foto.

Meskipun demikian tanpa software pun kita dapat membuat sebuah frame dan border foto dengan photoshop secara simpel, mudah,dan cepat alias kilat. Asalkan tahu caranya dan terbiasa menggunakannya. Pada kali ini akan saya tulis dasar-dasarnya saja, selanjutnya kita dapat  kembangkan sendiri bagaimana membuat bingkai di photoshop cs...

Singkatnya :
  1. Buka   Adobe photoshop
  2. Buka foto : Klik file > Open >pilih Foto
  3. Copy foto : Ctrl + J
  4. Aktifkan Layer : Klik Window > Layers  atau tekan F7
  5. Klik Add a Layer Style > Stroke
  6. Isi Size = 20 px , position = Inside, Blend Mode = Normal, Opacity = 100 %, Fill Type= Color, Color Picker = #091b88. Lihat gambar ilustrasi di bawah ini. Klik gambar agar lebih jelas.
7.   Klik OKE.
8.   Klik Inner shadow
9.   Isi  Blend Mode = Normal, Opacity = 100, Angle = 30, Centang Use Global Light,
10. Isi DIstance = 0 px, Choke = 82, Size = 62.
11. Klik Segitiga hitam pada Kotak Contour > Pilih Peak
12. Klik OK.
Lengkapnya
Lengkapnya tidak perlu karena penjelasan setiap langkah di atas sudah ada di postingan terdahulu.  Panduan di atas merupakan langkah-langkah atau tahapan-tahapan  yang berisi tips dan trik tata cara membuat bingkai foto dengan menggunakan photoshop. Hasilnya berupa frame yang terlihat sebagai  beberapa  garis tepi yang lurus yang warna dan tampilannya seperti tampak pada foto di bawah ini.


PILIHAN LAIN
Untuk mengubah atau mengganti frame atau bingkai pada foto pemandangan di atas maka kita lakukan modifikasi pilihan yaitu  : Setelah langkah 10 lakukan langkah-langkah ini  :
  1. Pada Control Quality Klik Icon Contour yang bergambar Peak
  2. Pada kotak dialog Contour Efitor  : Klik Titik simpul grafik > Drag ang Drop sesuai keinginan > sambil lirik hasilnya.....
  3. Atau isi Input = 100 % Output =40 % 
  4. Klik Oke

HASILNYA 
Hasil dari langkah cara membikin  bingkai foto di atas adalah seperti di bawah ini :


Kita juga dapat membuat bingkai foto  yang menghasilkan tampilan bingkai atau frame seperti di bawah ini.(klik foto agar besar) Caranya bagaimana? ...Silahkan bereksperimen sendiri karena dengan photoshop anda dapat berkreasi tanpa batas..... benar benar tanpa dowmload software gratis alias free. Kita hanya otak-atik di layer style saja....


Demikian tulisan saya tentang membikin frame atau garis tepi pada foto degnan judul : cara membuat bingkai  di photoshop

10 komentar: